Mahasiswa Teknik Sipil Juara II Lomba Perancangan Instalasi Air

Akhmad Rivai Ardiantoro, Elgusti Haydanu dan Priyo Purnomo mahasiswa Teknik Sipil Faklutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta meraih juara II dalam ajang Civil Engineering Day yang diselenggarakan Universitas Atmajaya Jogjakarta, Rabu (9/05). Tim dibawah bimbingan dosen FT, Darmono M.T ini berhak mendapatkan throphy, sertifakat dan uang pembinaan.

Rivai, salah satu anggota kelompok, menjelaskan bahwa dalam kompetisi ini timnya membuat rancangan produk instalasi air laut menjadi air tawar. “Kami melihat teknologi semacam ini belum terlalu diekspos, padahal kesehariannya masyarakat di pesisir pantai masih sangat sulit mendapatkan air murni yang tidak terkontaminasi air laut dan hal ini di perparah dengan kondisi sebagian besar air laut di Indonesia yang tercemar dengan logam -logam berat”, terangnya.

“Melihat fakta yang mengkawatirkan ini, kami mencoba memberikan solusi dengan membuat produk yang dapat memurnikan air laut menjadi air bersih dan alat ini tentunya tidak hanya dapat diimplementasikan pada air laut, namun juga air-air kotor lainnya untuk dimurnikan melalui produk kami ini”, imbuhnya.

Rivai menjelaskan alat ini terdiri dari beberapa proses penyaringan dan tiap stage penyaringan disisipi saringan kain katun. “Pada instalasi awal, berisi karbon aktif, mangan zeolit, pasir silica, pasir halus dan kerikil, yang berfungsi untuk mengikat zat besi dan mangan yang terkandung pada air laut”, jelasnya.

“Tahap selanjutnya adalah penguapan dengan menggunakan kompor listrik, pada sistem ini mirip dengan bejana bertingkat yakni pada bagian bawah merupakan air biasa sedang diatasnya air laut, pada proses ini uap diambil untuk menjadi air suling yang telah terbebas dari mercury, garam ataupun logam-logam berat lainnya”, paparnya.

Kedepan kami akan terus menyempurnakan karya ini dan semoga kami dapat membuatnya menjadi skala yang sesungguhnya karena ini masih prototype, sehingga harapan kami, alat ini benar-benar bisa digunakan oleh masyarakat luas”, tegasnya.

“Yang jelas kami akan terus mengikuti lomba-lomba lainnya dengan ajang maupun spesifikasi yang berbeda agar mendapat pengalaman dan tantangan untuk senantiasa mengembangkan diri serta tentunya mengharumkan nama institusi”, tutupnya. (hryo)

Tags: