Baruna Nawasena Mendapatkan Juara ke-I dalam Lomba Rancang Bendungan 2021 Universitas Mataram

Lomba Rancang Bendungan Nasional 2021 mengangkat tema Bendungan Ekonomis, Implementatif, dan dapat Mengendalikan Kekeringan. Tim Baruna Nawasena yang diketuai Suryatama Ageng Pamuji (S-1 Teknik Sipil) dan dibersamai oleh dua anggota, Novarida Nurul Sabrina (D-4 Teknik Sipil) dengan Silmi Kaffah (D-4 Teknik Sipil) mengirimkan proposal pada tanggal 16 Oktober 2021. Judul yang diangkat oleh Tim Baruna Nawasena adalah Perencanaan Bendungan Nawasena sebagai Pengendali Kekeringan.Judul tersebut diangkat dari permasalahan yang menjadi keresahan masyarakat di Indonesia terkait bencana kekeringan. Jumlah penduduk yang semakin meningkat serta ketersediaan air yang terus menipis membuat daerah semi arid yang ada di Indonesia mengalami krisis air. Pembangunan infrastruktur sumber daya air sampai saat ini masih sedikit untuk mengupayakan ketersediaan air bersih karena membutuhkan sumber dana yang besar. Oleh karena itu, karya tulis yang diajukan ini bertujuan untuk memberikan alternatif pembangunan bendungan yang ekonomis, implementatif, dan dapat mengendalikan kekeringan.

Pada tanggal 23 Oktober 2021 Tim Wisanggeni 19 dinyatakan lolos final kemudian mulai melakasanakan proses penyususnan video rendering dan presentasi. Pada tanggal 9 November 2021 diadakan tahap presentasi final melalui Zoom Meeting dengan juri penilai sebagai berikut :
       1. Dr. Ery Setiawan, ST.,MT. (Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mataram)
       2. Ida Wayan Amitaba, ST.,MT. (PPK Perencanaan Bendungan SNVT Pembangunan Bendungan BWS Nusa Tenggara-1)
       3. Arianto, ST.,MT. (Tenaga Ahli Madya Bendungan dan Sumber Daya Alam (SDA))
Pada tahapan penilaian dalam kompetisi ini, Tim Baruna Nawasena berhasil mendapatkan Juara 1 dan Juara Kategori Video Favorit. Peringkat 3 besar pada Lomba Rancang Bendungan Nasional 2021 diraih oleh Tim Baruna Nawasena (Universitas Negeri Yogyakarta) pada posisi pertama, Tim Kembang Komak (Universitas Mataram) pada posisi kedua, dan Tim Arkananta (Politeknik Pekerjaan Umum) pada posisi ketiga. Detail berita dapat dilihat disini. 

  

 F

 

Tags: