Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan S-1


Profil kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Tekknik Sipil dan Perencanaan S-1, yaitu:

  1. Mampu merencanakan penyelenggaraan pendidikan dan kejuruan, baik formal maupun nonformal.
  2. Mampu mengelola penyelenggaan pendidikan dan kejuruan, di sekolah dan industri.
  3. Mampu melaksanakan proses pembelajaran penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan bidang keahlian teknik sipil dan perencaan, di sekolah dan industri.
  4. Mampu mengembangkan penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan, di sekolah dan industri.
  5. Mampu mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan, di sekolah dan industri.
  6. Mampu mengimplementasikan rekayasa desain awal pekerjaan teknik sipil dalam hal evaluasi alternatif rancangan, proses teknologi, penentuan ukuran dan studi komparasi ekonomis.
  7. Mampu mengimplementasikan rekayasa detail pekerjaan teknik sipil dalam hal analisis dan perancangan struktur, analisis petunjuk pelaksanaan konstruksi, dan gambar - gambar pelaksaan konstruksi.
  8. Mampu mengimplementasikan pengadaan untuk kegiatan pra konstruksi terutama untuk penyediaan tenaga, bahan, dan peralatan konstruksi.
  9. Mampu mengelola dan melaksanakan kegiatan konstruksi, yaitu pengorganisasian dan koordinasi sumber daya tenaga kerja, peralatan, bahan, biaya, metode teknologi, pengendalian mutu dan manajemen waktu.
  10. Mampu merencanakan dan merintis usaha di bidang properti, konstruksi, dan funiture, baik dalam aspek produksi maupun pemasaran.

 

Kompetensi Lulusan Teknik Sipil D-3


Profil kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Sipil D3, yaitu:

  1. Mampu mengimplementasikan rekayasa desain awal pekerjaan teknik sipil dalam hal evaluasi alternatif rancangan, proses teknologis, penentuan ukuran, dan studi komparasi ekonomis.
  2. Mampu mengimplementasikan rekayasa desain detail pekerjaan teknik sipil dalam hal analisis dan perancangan struktur, analisis petunjuk pelaksanaan konstruksi, dan gambar - gambar pelaksanaan konstruksi.
  3. Mampu mengimplementasikan pengadaan untuk kegiatan pra konstruksi terutama untuk penyediaan tenaga, bahan dan peralatan konstruksi.
  4. Mampu mengelola dan melaksanakan kegiatan konstruksi, yaitu pengorganisasian dan koordinasi sumber daya tenaga kerja, peralatan, bahan, biaya,metode teknologi, mutu dan manajemen waktu.
  5. Mampu merencanakan dan merintis usaha di bidang properti, konstruksi, dan funiture, baik dalam aspek produksi maupun pemasaran.