Pelaksanaan Sertifikasi SKT di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin menunjukkan pergerakan yang signifikan. Persaingan di dunia pekerjaan khususnya bidang konstruksi juga semakin ketat. Guna membekali mahasiswa PTSP agar dapat bersaing secara global, diperlukan suatu program yang dapat memberikan bekal kepada mahasiswa guna menjawab tantangan tersebut. Ikatan Alumni Sipil (IAS) hadir untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa aktif maupun alumni dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan agar nantinya dapat bersaing di dunia kerja yang nyata. Salah satu bentuk usaha dari IAS adalah dengan menghadirkan sertifikasi SKA dan SKT.

Hadirnya sertifikasi ini adalah sebagai bentuk kepedulian dari IAS demi memberikan kontribusi untuk kemajuan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Seperti yang telah dilakukan IAS sejak tahun 2017-2019, telah menyelenggarakan sertifikasi SKT di berbagai bidang kehalian. Keahlian tersebut antara lain; Juru Gambar, Pengawas Bangunan Gedung, Pelakasana Bangunan Gedung, dan Pelaksana Pekerjaan Jalan dengan total mahasiswa yang telah tersertifikasi lebih dari 300 mahasiswa. Kegiatan ini tidak lepas atas kerjasama yang telah dijalin antara IAS, PTSP, BPTK PUPR, Balai Besar Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dan LPJK DIY. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan angin segar kepada alumni PTSP, FT, UNY untuk dapat leading di Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai dengan kompetensi yang telah dimiliki.