Bimasena Adhinata Berhasil Meraih Juara Harapan 1 Kategori Jembatan Rangka dan Juara Kategori Jembatan Rangka dengan Kesesuaian antara Implementasi dengan Rancangan Awal Terbaik pada Kompetisi Jembatan Indonesia 2022

Universitas Pembangunan Jaya, 11-13 November 2022, Bimasena Adhinata dari Universitas Negeri Yogyakarta beranggotakan dua orang tim inti, yaitu Faiz Eka Syahputro dan Agus Bukhori Susilo dengan dosen pembimbing Maris Setyo Nugroho, S.Pd., M. Eng dan dibantu 12 orang tim teknis. Tim Bimasena Adhinata mulai melaksanakan persiapan lomba sejak bulan Maret dengan kegiatan mempersiapkan proposal, survei lapangan, pembuatan jembatan model, pengujian jembatan, pembuatan ornamen jembatan, persiapan K3 area kerja, latihan perakitan, dan menyusun power point presentasi.

Pada 7 November 2022, Bimasena Adhinata melakukan TM dan presentasi sesuai dengan ketentuan yang telah diinformasikan oleh panitia. Pada tahap TM dan presentasi ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting. Bimasena Adhinata memaparkan mengenai Jembatan Mangkubumi yang merupakan rancangan desain alternatif jembatan rangka yang kokoh, ringan, estetik, dan futuristik dalam rangka mendukung pembangunan nasional yang lebih baik.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan team dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Ada sebanyak 164 proposal yang diajukan dalam KJI 2022 ini yang terdiri dari dua kategori lomba yakni kategori rangka dan pelengkung. Dari seluruh team yang mengikuti Kompetisi Jembatan Indonesia 2022, Bimasena Adhinata berhasil meraih Juara Harapan 1 Kategori Jembatan Rangka dan Juara Kategori Jembatan Rangka dengan Kesesuaian antara Implementasi dengan Rancangan Awal Terbaik. Detail berita dapat dilihat disini.


Gambar 1. Bimasena Adhinata melakukan Presentasi secara Daring melalui Zoom Meeting.


Gambar 2. Pengumuman dan Penyerahan Penghargaan KJI 2022


Gambar 3. Dokumentasi Bimasena Adhinata dengan Jembatan Mangkubumi

Tags: